Sesepuh Adat dan Musisi Suport Angkon Muakhi Diacara Khitanan

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,- Dalam mengangkat dan melestarikan Khasanah budaya, penampilan Generasi muda Angkon Muakhi membuat kagum masyarakat pencinta musik klasik Lampung gitar dan gambus tunggal yang hadir menyaksikan penampilan tersebut dalam acara Khitanan Zul Maftuh Akbaru Rizqi, Putra pertama Bapak Rizki Wahyu Yunian Putra desa Jondong Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Minggu ( 04/10 ).

Syahruddin Adok Dalom Penyimbang selaku sasepuh adat desa Jondong dan juga selaku
Hulubalang adat sai batin Marga Rajabasa mengatakan, ” Adat seni budaya khususnya seni gitar tunggal ini sudah sangat sangat langka , bahkan kita selaku menghimbau dan mengajak serta membina para pemuda supaya berkarya , salah satunya pada malam hari ini kita mengundang anak anak generasi muda dari Angkon muakhi ini untuk menghidupkan kembali seni budaya Lampung “.

” Bahkan beberapa hari yang lalu kita juga mengundang dari desa Kedaton ,desa Babulang yang ada Kecamatan Kalianda ini supaya bisa berkembang dan itu bentuk dukungan kami selaku masyarakat adat sai batin yang di Lampung Selatan khususnya di beberapa marga di seputaran kalianda ini, supaya tetap dilestarikan agar tidak punah ” . Ujarnya.

Di tempat yang sama salah satu musisi Lampung Kalianda Muhsinin Rafi mengatakan , ” saya sangat merasa bangga khususnya di seputaran kalianda Lampung Selatan ini ada generasi muda yang mau melestarikan seni budaya khususnya seni budaya gitar tunggal atau musik gambus Lampung “.

” Harapan kami semoga seni budaya ini tetap abadi dan kepada generasi muda ini jangan pernah malu serta sungkan untuk bertanya, kami siap kapan pun waktu untuk di datangi bersilaturahmi dan bertanya tentang musik klasik Lampung maupun dalam olah Vocal “, Ucap Muhsinin.

” Saran dan harapan saya kepada generasi muda harus lepas dalam bernyanyi dan harus betul betul menghayati isi dari lagu itu, tak hanya itu kami juga berharap, semoga kedepannya Insyaallah kedepannya kepada pemerintah kabupaten Lampung Selatan siapa pun pemimpinnya, untuk lebih peduli dan lebih memperhatikan, membantu dalam segala bentuk untuk menganggarkan khusus bagi seni budaya Lampung yang ada di bumi khagom mupakat ini “, Tegas Muhsinin.(HSN).