Sidak Pasar dan Mall, BBPOM Berikan Tips Memilih Makanan Aman Dikonsumsi

PODIUM, BANDARLAMPUNG,-  Balai  Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM)  Bandar Lampung menggelar sidak pangan bersama lintas sektor  ke beberapa mall dan pasar tempat di Kota Tapis Berseri, Rabu (13/5).

Adapun lintas sektor itu, diantaranya, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Kota, Dinas Kesehatan Kota, dinas Perdagangan Provinsi, DPRD, dan pemkot Bandar Lampung.

Susan Gracia Arpan, Apt., M.Si. selaku Kepala Balai Besar POM di Bandar Lampung mengatakan bahwa tujuan sidak dibeberapa tempat seperti mall Tanjung Karang, Pasar Tugu dan Mall di Way Halim ini untuk tercapainya suatu pangan yang aman dan higienis selama bulan suci Ramadhan serta Idul Fitri.

BBPOM Bandar Lampung telah melakukan pemeriksaan terhadap agen, swalayan, mall dan ritel sejak tanggal 27 April – 22 Mei 2020.

“Ini adalah minggu ketiga. Minggu pertama dan kedua sudah turun, dan ada hasil rekapannya,”kata Susan Gracia.

Saat mengunjungi sarana distribusi pangan yang cukup besar, BBPOM memeriksa dan mendapatkan hasil dari 23 jenis makanan takjil semua memenuhi persyaratan.

Untuk jajanan takjil BBPOM sudah melakukan uji sample dan sudah memenuhi persyaratan serta aman untuk di konsumsi.

“Tim sudah memeriksa 23 jenis makanan takjil yang hasilnya memenuhi persyaratan dan untuk jajanan takjil. BBPOM sudah melakukan uji, kita dapat 200 sampel dan memenuhi persyaratan dan aman untuk mengkonsumsi,” ujarnya.

Melihat penataan sejauh ini hampir semua memenuhi syarat, akan tetapi ada beberapa barang yang penyok atau dikategorikan rusak dan di kembalikan atau dipisahkan.

“Melihat penataan hampir semua memenuhi syarat tapi ada beberapa hanya sedikit yang penyok satu dan dua barang kaleng saja,”jelasnya.

ia menghimbau masyarakat untuk cerdas dalam membeli makanan. Adapun beberapa tips untuk memilih makanan yang aman diantaranya, Cek kemasan, Cek label, Cek izin edar dan Cek kadaluarsa. (NUS)