Soal Corona, Reihana : Pemprov Lampung Telah Lakukan Pencegahan

PODIUM, BANDARLAMPUNG ,- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung Reihana menjelaskan bahwa sejak awal menyebarnya virus corona, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti melakukan screening di pintu masuk ke Provinsi Lampung.

Penjelasan itu disampaikan dr. Reihana, dalam Rakor Kepala Daerah se-Provinsi Lampung, di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Rabu (11/3/2020).

Reihana menjelaskan, langkah pencegahan itu dilakukan di Bandara, Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Teluk Semaka dan Pelabuhan Maringgai. “Untuk di Bandara kita menyediakan thermal scanner untuk mendeteksi suhu warga yang datang dari luar negeri yang akan masuk ke Lampung. Untuk pendatang dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta akan diberikan kartu kuning, dan ketika tiba akan langsung dilakukan pendataan. Apabila tidak melebihi 38 derajat maka orang tersebut akan terus dipantau selama 14 hari,” jelas Reihana.

Kadiskes juga menjelaskan, ada tiga rumah sakit di Lampung yang siap menghadapi virus corona yaitu Abdul Moeloek, RSUD Kalianda, dan RSUD Ahmad Yani Metro dengan memiliki ruang isolasi. “Di sisi lain KKP juga sudah siap dengan tabung hampa udara bagi yang terindikasi virus,” ungkap Reihana.

Reihana mengatakan pihak tidak menginginkan terjadi kepanikan di tengah masyarakat. “Untuk itu, Kabupaten/kota harus membuat imbauan kepada masyarakat berupa banner dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait virus corona,” jelasnya.

Rakor Kepala Daerah yang dipimpin langsung oleh Gubernur Arinal Djunaidi dihadiri Wagub Hj. Chusnunia Chalim, MSi, MKn, Ph.D, Sekdaprov Ir. Fahrizal Darminto, MA dan sejumlah OPD dan para Bupati/Walikota. (Red)