Songsong Hari Bhayangkara ke-75 Polres Lamsel Gelorakan Aksi Kemanusiaan Giat Bhakti Sosial

PODIUM, LAMPUNG SELATAN, – KALIANDA – Jajaran Polres Lampung Selatan (Lamsel), tak henti-henti dan terus bergerak menggelorakan aksi kemanusiaan yang dibingkai dalam giat bhakti sosial.

Masih dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke-75, semakin hari aksi kemanusiaan itu kian semarak.

Tak tanggung-tanggung, dari ujung Natar hingga tepian Pelabuhan Bakauheni secara serentak melalui Polsek jajaran menggelar aksi bhakti sosial itu.

Polri yang akrab dengan slogan mengayomi dan melindungi masyarakat, betul-betul mengejawantahkan bahwa polisi senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat meski di masa pandemi Covid-19 sekalipun.

Secara simbolis, Kapolres Lamsel AKBP Edwin melepas rombongan konvoi kendaraan pengangkut bingkisan sembako di pelataran Mapolres, sebagai penanda bergulirnya giat pada hari ini.

“Kegiatan bhakti sosial ini murni dari relung hati yang terdalam ingin menggapai sisi sosial masyarakat secara utuh. Polri selain menjalankan tupoksi secara garis besar juga memiliki tanggung jawab moral untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19,” sebut Kapolres, Jum’at (25/6/2021).

Benar saja, sasaran bhakti sosial hari ini cakupannya lebih meluas seakan mencoba merangkul semua unsur sosial masyarakat dengan tetap mengedepankan demi nama kemanusiaan.

Diketahui, para penerima bantuan bingkisan sembako dan masker diantaranya anak yatim piatu, kaum dhuafa, fakir miskin, buruh serabutan, karyawan yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), panti asuhan, pondok pesantren, pengemudi ojek pangkalan, kaum disabilitas juga tenaga medis hingga purnawirawan TNI/Polri.

“Saya selaku anggota Polri juga manusia biasa dan merasa tersentuh hati ketika menyerahkan bantuan itu kepada yang membutuhkan, ibarat momen yang begitu sentimentil. Kedepan, saya rasa kegiatan-kegiatan sosial seperti ini perlu untuk dilakukan secara berkesinambungan dan tidak perlu menunggu event hari besar,” pinta AKBP Edwin.

Memang patut diacungi jempol, jajaran korp baju coklat di Lamsel begitu bersemangat dalam pelaksanaan aksi bagi-bagi bingkisan sembako. Sebanyak 1100 paket dibagikan secara cuma-cuma dan merata di seluruh jajaran Polsek.

Gayung pun bersambut, tanggapan positif menyelimuti masyarakat yang rumahnya kedatangan mobil petugas. Dari ekspresi haru hingga senyum berseri menghiasi wajah para penerima bingkisan sembako.

Persis seperti yang dirasakan oleh Usman Mansur (62), pensiunan polisi beberapa tahun silam mengaku terkejut bercampur bahagia dirinya masih diperhatikan oleh Polres Lamsel.

“Alhamdulillah tentunya bahagia. Saya melihat ada nilai lebih daripada bingkisan sembakonya yakni perhatian yang tulus. Sekali lagi, terima kasih kepada bapak Kapolri dan khususnya Polres Lampung Selatan,” kata Usman terharu.

Hal itu rupanya juga berlaku untuk Sofyan Hadi (63) warga Kalianda Bawah, Kecamatan Kalianda. Ditemui petugas yang membagikan sembako ke kediamannya, mata Sofyan tampak berbinar-binar.

“Terima kasih, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres Lampung Selatan. Padahal kan korp Bhayangkara yang berulang tahun tapi seakan-akan kami masyarakat biasa turut kebagian berkahnya,” puji Sofyan sembari mengakhiri pembicaraan. (Humas/HSN)