Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Taufik Tekankan Perlunya Sikap Cinta Tanah Air

PODIUM, BANDARLAMPUNG,- Sikap cinta tanah air adalah suatu perwujudan kasih sayang dan rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah air kita.

Rasa cinta tanah air diwujudkan dengan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas setiap individu pada negara tempat di mana ia tinggal.

Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Taufik Basari dalam kegiatan sosialiasi empat pilar kebangsaan di Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung (28 November 2020) mengatakan, cinta tanah air merupakan pengalaman dan wujud dari sila Persatuan Indonesia yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, sekolah dan masyarakat.

Cinta tanah air lanjutnya, tercermin dari perilaku membela tanah air, menjaga dan melindungi, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, serta mencintai adat atau budaya yang ada dengan melestarikan alam dan lingkungan.

“Implementasi dari rasa cinta tanah air ini merupakan pengalaman dan wujud dari sila Persatuan Indonesia yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat” ungkap Taufik.

Rasa cinta tanah air lanjut Taufik, perlu ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap individu sejak usia dini sebagai warga negara yang baik, agar tujuan hidup bersama dapat tercapai. Cara untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air ditanamkan melalui proses pendidikan di sekolah dan masyarakat. (Red)