Syarif Hidayat Gelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Anggota DPRD Provinsi Lampung Syarif Hidayat menggelar sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di pondok pesantren Umniyati, Gunung Terang, Senin (22/3).

Syarif mengatakan masih ada pemahaman yang salah di masyarakat tentang Pancasila. Anggapan tentang Pancasila yang bertentangan dengan Islam. Ada juga yang beranggapan orang-orang yang belajar di pondok pesantren tidak pancasilais.

“Agama dan Pancasila bisa saling sejalan, nilai yang terkandung di Pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama. Toleransi, kemanusiaan, persatuan sampai keadilan itu semua ada dalam ajaran agama,” ujar Syarif.

Padahal nilai-nilai yang ada di Pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam, bisa jadi mereka yang belajar di pondok pesantren lebih menerapkan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak relevan jika masih mempertentangkan antara Pancasila dan agama.

Hantoni Hasan, salah satu narasumber dalam kegiatan ini menyatakan pentingnya untuk kembali memahami nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan. Menurut Hantoni dengan memahami wawasan kebangsaan, kita bisa mengenali potensi-potensi yang ada di negara ini untuk kemudian dikelola sebaik-baiknya untuk kemakmuran masyarakat.

“Begitu juga dengan Pancasila, lima sila yang mencerminkan nilai-nilai yg ada di dalam Islam. Pancasila ini yang mempersatukan bangsa Indonesia. Jika kita tidak memiliki Pancasila dan wawasan kebangsaan, maka apa yg akan membuat kita bersatu,” tutup Hantoni.

Acara yang berlangsung berjalan dengan lancar, menerapkan protokol kesehatan, pengecekan suhu tubuh, memakai masker, menjaga jarak.(*)