Taufik Basari Ajak Masyarakat Berbudi Pekerti Luhur Sesuai Pancasila

PODIUM, BANDARLAMPUNG, -Ketua Fraksi NasDem MPR Taufik Basari mengajak masyarakat agar bisa berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Budi pekerti yang meliputi tutur kata, bersikap dan berperilaku menurutnya, harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila karena Pancasila adalah ideologi, dasar negara, pandangan hidup serta kepribadian bangsa Indonesia.

“Jika tiap warga negara mengamalkan nilai-nilai Pancasila kita berharap akan tercipta suasana kehidupan yang religius, damai, harmonis, demokratis dan sejahtera” ungkapnya saat menggelar sosialisasi empar pilar kebangsaan di Penengahan, Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat pada 30 Desember 2020.

Tutur kata yang santun, saling menghormati, menghargai perbedaan menunjukkan keluhuran harkat, derajat dan martabat warga nergara sebagai bagian dari sebuah bangsa yang beradab. Bahasa sopan dan santun ini lanjut Taufik, penting diterapkan dalam berkomunikasi dengan manusia lain agar berjalan lancar dan tidak terjadi kesalahpahaman.

“Pertengkaran, pertikaian kadang muncul karena kata-kata yang kasar, menyinggung, menghina sehingga orang lain merasa sakit hati, tersinggung, marah dan kecewa. Tutur kata baik adalah sikap atau adab dalam berbicara yang penuh kesopanan, mampu menempatkan bahasa yang pantas sesuai situasi, kondisi dan siapa yang diajak bicara. Ini yang paling penting” imbuhnya.

Apalagi, Taufik menyebut jika Indonesia dikenal dengan sikap ramah dan tutur kata sopan di dunia internasional sehingga label positif itu harus dijaga dan dibuktikan di dalam kehidupan bermasyarakat. (RED)