Waduh, BBPOM Temukan Makanan Tidak Miliki Izin Edaran Di Swalayan

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandar Lampung menemukan makanan tidak memiliki surat edaran di swalayan. Karena, izin tersebut belum teregistrasi.

Hal tersebut terkuak saat inspeksi dadakan yang dilakukan oleh BBPOM bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kota, Dinas Kesehatan Kota, dinas Perdagangan Provinsi, DPRD , serta pemkot Bandar Lampung.

Susan Gracia Arpan selaku kepala BBPOM menerangkan bahwa makanan tersebut seharusnya mempunyai surat izin nomor registrasiny, bukan P-IRT (Pangan Industri Rumh Tangga).

Selain itu, harus menggunakan izin MD (makanan dalam) atau ML (makanan luar) yang telah BBPOM keluarkan.

“Kami sudah catat berapa jumlah dan jenisnya lalu kami minta dikembalikan ke agen atau disisihkan agar tidak di jual,” kata dia saat mengadakan konferensi pers di salah satu swalayan, Rabu (13/5).

Alasan BBPOM melarang makanan yang hanya ada IRT atau PRT, dikarenakan sudah tertera di dalam undang-undang. Sebab tidak ada jaminan kesehatan dalam produk itu

Selain makanan tersebut, BBPOM juga menemukan beberapa kaleng yang rusak dan memberitahukan kepada pihak manajemen untuk disisihkan karna tidak layak di konsumsi.

Kegiatan ini dilakukan agar tercapainya pangan aman selama dibulan suci ramadhan.

Pihaknya akan terus memantau pangan dengan sasaran sarana distribusi ritel, walayan, mall, kios atau agen dan pangan makanan takjil. (NUS)