Waduh, Kampung Gedung Aji Diselimuti kabut Asap Tebal

PODIUM, TULANGBAWANG – Warga Kampung Gedung Aji/penawar sangat mengeluhkan pekatnya kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti sejak tadi malam. Sebab, kondisi ini menyebabkan sesak nafas bagi warga setempat.

Pantauan awak media kabut asap terlihat cukup pekat sejak malam hingga pagi hari ini. Kabut asap ini diketahui mulai masuk Kampung Gedung Aji/kampung penawar saat sore hari hingga pagi hari.

“Dari tadi malam hingga pagi ini kabut asap pekat sekali. Mata menjadi perih dan sesak napas,” kata salah satu warga, Oki saat ditemui awak media di rumahnya Kampung Penawar, Gedung Aji, Tulang Bawang, Rabu(23/10).

Kabut asap ini juga, kata dia, menyebabkan jarak pandang menjadi terbatas.

“Jangankan di luar rumah. Di dalam rumah saja mata terasa sangat pedih.Kita yang dewasa aja mengeluh, apalagi anak_anak yang masih kecil. sehingga banyak warga mengurangi aktivitas di luar rumah,”ungkapnya

Oki menyebut penyebab banyaknya kabut asap ini, karena adanya kebakaran hutan atau lahan mengingat saat memasuki musim kemarau sangat rentan sekali terjadinya kebakaran hutan atau lahan di seputaran wilayah Kampung Gedung Aji /Penawar Aji.

“Banyaknya hutan dan lahan yang terbakar baik yang sengaja di bakar ataupun tidak di sengaja telah banyak merugikan kesehatan masyarakat banyak,”ujarnya.

Selain menghambat aktifitas dan berbagai macam kegiatan, kabut asap juga dapat meyebabkan terjadinya berbagai penyakit di antaranya dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Kita berharap agar pemerintah dapat menindak tegas para pelaku KARHUTLA dan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut agar terciptanya suasana nyaman dan hidup sehat bagi masyarakat serta terhindar dari berbagai penyakit,”kata dia.(Sandi)