Warga Metro Keluhkan Jalan Rusak

PODIUM, METRO – Warga dan pengguna jalan Kota Metro mengeluhkan beberapa ruas jalan rusak di kota berjuluk Bumi Wawai tersebut.

Karena dikhawatirkan bakal membahayakan keselamatan para pengguna jalan dan menambah waktu tempuh perjalanan.

Salah satu pengguna jalan Ari Saputra berharap pemkot Metro segera memperbaiki jalan rusak di Dr Sutomo kecamatan Metro Pusat.

“Semoga jalan rusak ini segera dibenahi oleh pemkot. Karena bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan,” kata warga Metro 28 ini, Selasa (06/12/2022).

Kondisi jalan rusak ini di musim penghujan saat ini, kata dia, para pengendara sepeda motor mesti lebih berhati-hati lagi.

Karena kondisi jalan rusak akan tertutupi oleh genangan air hujan.” Kalau sudah hujan, jalan yang tadinya rusak, sudah gak keliatan lagi, ketutup genangan air hujan” Kata dia.

“Kalau pengendara sepeda motor gak berhati-hati saat melintas, dikhawatirkan bisa terjatuh. Karena jalan berlubang disana lumayan dalam,”jelas dia.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh pengguna jalan lainnya, Bagus. Menurut dia, pemerintah mesti memperhatikan kondisi jalan di Kota Metro.

Karena ada beberapa dampak yang akan dirasakan oleh para pengguna jalan.

Misalnya, ia mencontohkan, para pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor yang tidak berhati-hati saat memasuki musim penghujan bisa saja terjatuh saat melintasi jalan tersebut.

Karena, menurut dia, jalan berlubang akan digenangi oleh air sehingga, para pengendara sepeda motor akan sangat sulit untuk membedakan jalan berlubang dan yang tidak berlubang.

Kedua, menambah waktu tempuh para pengendara jalan. Ketiga, bisa menyebabkan kesehatan pengendara menurun karena banyaknya debu berterbangan saat dilintasi truk atau kendaraan besar lainnya.

” Kita mesti lebih berhati-hati lagi saat melintasi jalan rusak. Karena untuk mengutamakan keselamatan para pengendara sepeda motor,” Kata dia.

“Saat hujan, kondisi jalan akan digenangi oleh air, sehingga para pengendara sulit membedakan jalan rusak ataupun tidak saat akan melintas,” ucap dia.

“Saat siang hari panas terik, apalagi kalau kendaraan kita berada tepat dibelakang truk, maka, debu di sekitar akan berterbangan kemana-mana,” ungkap dia.

“Selain membuat pengendara susah untuk melihat, juga bisa membahayakan kesehatan. Karena tanpa kita sadari sudah menghirup debu yang berterbangan tersebut,” jelas dia.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah segera memperbaiki jalan rusak tersebut dan memberi perhatian lebih terhadap jalan yang sering dilalui oleh kendaraan besar seperti truk, terlebih membawa muatan.

“Kalau jalannya bagus, pasti bisa lebih mudah untuk dilewati. Selain itu, sebagai warga Metro, tentunya akan memiliki kebanggaan tersendiri jika jalan-jalan disini dalam kondisi bagus atau tidak rusak,” ujar dia.