Wisata Pantai Muara Indah Desa Suak Resmi Dibuka Kadis Pariwisata Lamsel

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,- Acara Soft Opening Pantai muara indah desa Suak kecamatan Sidomulyo, resmi di buka dengan ditandai pemotongan tumpeng oleh Kadis Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Sabtu (10/04/2021).

Pelaksanaan senam bersama jantung sehat desa Suak mengawali pelaksanaan kegiatan dipantai tersebut, serta dilanjutkan pembukaan Soft Opening pantai muara indah dengan tari singer pangunten dari Mts Al-Khoiriyah desa Suak, sebagai penghormatan atas kehadiran para pejabat dan para tamu undangan.

Dalam acara Soft Opening pantai Muara Indah Suak, dihadiri Langsung, Kades Suak Juli Wahyudin, S.HI, Kadis pariwisata, Ir.Rini Ariasih, MM, Camat Sidomulyo, Danramil Sidomulyo, Kapolsek Sidomulyo, Penggiat Wisata Lamsel Yodistara, Jajaran Pemkab Lamsel, ketua Bundes yang sekaligus sebagai pengelola pantai Muara Indah Suak, Encep Supriadi, ketua dan Anggota Pecinta bonsai Sidomulyo, ketua tim penggerak PKK Kecamatan Sidomulyo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta para Undangan.

Dalam sambutannya, Kadis Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan, Ir.Rini Ariasih, MM, yang hal ini mewakili Bupati Lampung Selatan, yang berhalangan hadir, menyampaikan, karena beliau tidak bisa hadir secara langsung pada hari ini, di karenakan ada kegiatan di luar kota, yang tidak dapat ditinggalkan.

“Oleh karena itu beliau menugaskan saya untuk mewakili Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, dalam kesempatan ini kemudian beliau menitipkan salam hormat, salam hangat, kepada kita semua yang hadir di hari ini, mudah-mudahan tidak mengurangi makna atau arti dari pada kegiatan kita hari ini”, Terang Rini.

“Tabik pun, Alhamdulillahirobbilalamin puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa karena di tengah situasi ini kita masih diberikan limpahan rahmat dan karunia-nya sehingga kita dapat hadir bersama pada situasi yang cerah ini, dalam rangka mengikuti acara launching soft opening pantai muara indah kecamatan Sidomulyo tentunya tetap menerapkan prokes”, Tambahnya.

Saya selaku mewakili Bupati Lampung Selatan sangat mengapresiasi dibukanya objek wisata pantai muara indah ini, harapan saya tentu ini akan menjadi suatu destinasi atau tujuan wisata yang unggul dan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun wisata dari luar kota, semoga kedepannya nanti wisatawan mancanegara juga akan datang ke tempat ini”, Harap Rini.

Sesuai apa yang telah di sampaikan ketua BUMDES Suak Encep Supriadi, bahwa pengelolaan wisata ini murni atas pemberdayaan masyarakat.

“Ini sangat kami apresiasi karena inilah yang kita inginkan dalam suatu pengelolaan wisata, ditambahkan lagi bahwa sampai dengan saat ini pengelolaan pantai muara indah ini murni dan belum menggunakan anggaran dari manapun baik dari desa maupun dari anggaran lainnya, jadi siapapun warga boleh menginvestasikan di wisata pantai muara indah ini sesuai dengan arahan dari bapak menteri pariwisata dan ekonomi kreatif republik Indonesia”, Ujar Rini.

Rini Ariasih pun mengharapkan dalam pengelolaan wisata ini harus mengedepankan kreativitas, inovasi dan kolaborasi, unsur ke-3 itu dapat kita lihat sudah mulai banyak atraksi yang dapat dinikmati oleh wisatawan atau pengunjung, kemudian inovasi-inovasi juga ini sudah mulai ditampilkan, jadi tidak hanya berwisata untuk kaum milenial tetapi ini untuk keluarga untuk anak-anak juga bisa melakukan kunjungan di pantai muara indah ini”, Ungkapnya.

“Terutama yang ada kolaborasi ini yang paling penting, kolaborasi dengan berbagai pihak seperti komunitas bonsai kemudian berkolaborasi dengan para investor atau siapa saja yang mau menanamkan investasinya di pantai ini, oleh karena itu kami sangat mengapresiasi, mari kita berikan kepada pengelola bumdes Suak”, Tambah Rini.

“Saya optimis, bila dikelola secara profesional proyek wisata bahari ini akan memberi banyak manfaat keuntungan yang besar, setidaknya bagi masyarakat sekitar tempat wisata ini, merasakan dampak positifnya agar dapat membuka usaha kuliner ataupun souvenir khas dari daerah kecamatan Sidomulyo, Saya pun ucapkan banyak terima kasih kepada Ketua dan kader PKK desa dan Kecamatan Sidomulyo yang telah berpartisipasi dan menyajikan kuliner tradisional yang disajikan pada hari ini”, Ujar Rini.

“Tolong untuk bisa memperhatikan terutama kebersihan dan kerapihan di toilet walaupun dalam kondisi yang sederhana, ramah lingkungan dan kebersihan itu perlu dijaga, kemudian untuk melanjutkan dan jangan sampai setelah dibuka wisata ini menjadi tidak berjalan”, Tutupnya.

Dalam kesempatan itu Kades Suak, Juli Wahyudin, S.HI, mengatakan, Saya ucapkan banyak terima kasih atas peran serta dan peduli masyarakat desa Suak, guna terlaksananya dan terciptanya wisata pantai muara indah ini.

“Saya sangat mengapresiasi segala bentuk dan upaya masyarakat beserta pengurus, baik pengurus wisata mau pun aparatur yang sudah saling bersenergi, demi terlaksananya harapan kita bersama, menciptakan wisata pantai muara indah yang akan terus kita jaga akan kebersihan, keindahan serta kenyamanan bagi kita semua, baik bagi pengunjung maupun masyarakat desa Suak sendiri”, Ucap Juli.

“Harapan saya kepada segenap pengurus wisata pantai muara indah, agar betul betul menjaga Wisata yang kita punya, semoga kedepannya, wisata desa Suak semakin dikenal oleh masyarakat luas, dan mampu bersaing dengan wisata lain yang ada di kabupaten Lampung Selatan”, Tutup Juli.

Kegiatan Soft Opening dilanjutkan dengan melakukan pemotongan Tumpeng, dalam hal ini dilakukan langsung oleh Kadis Pariwisata Lamsel, lalu Potongan tumpeng diberikan kepada Kades Suak, serta dilanjutkan pemberian Cinderamata berupa, bonsai dari Komunitas pecinta bonsai Sidomulyo dan bingkisan olek kades Suak Juli Wahyudin, S.HI, kepada Ir.Rini Ariasih, MM, selaku Kadis Pariwisata Lamsel.

Dan kegiatan tersebut diakhiri dengan melihat lihat beberapa kerajinan bonsai serta meninjau serta melakukan penilaian atas suguhan menu makanan dan kebersihan warung atau kantin kuliner yang ada diwisata pantai muara indah desa Suak.(HSN)