Yanuar Irawan Bakal Jabat Ketum Percasi Lampung

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Ibarat permainan catur, tinggal satu langkah lagi Yanuar Irawan akan menakhodai Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Lampung.

Yanuar yang juga menjabat Ketua Komisi V DPRD Lampung dari PDI Perjuangan menjadi bakal calon tunggal Ketua Umum (Ketum) Percasi Lampung.

Sehingga hampir dipastikan, setelah verifikasi berkas dan penetapan calon, Yanuar  mengantongi tiket sebagai Ketum Periode 2022-2026. Yanuar akan menggantikan Ketum Demisioner dua periode, Imer Darius.

Yanuar mengungkapkan dirinya maju atas dorongan dan dukungan pengurus provinsi dan kabupaten kota.

“Jika pengurus punya komitmen yang sama untuk memajukan Percasi, saya menyatakan kesiapan untuk maju. Namun, tentu dengan mekanisme yang sesuai diatur AD/ART yakni melalui Musprov. Jadi, mari kita satukan komitmen untuk memajukan Percasi Lampung,” kata Yanuar, Minggu (9/1).

Mengenai motivasinya maju pada pemilihan ketum, Yanuar menilai Lampung punya pecatur yang berpotensi menjuarai even tingkat nasional hingga PON. Namun, potensi itu belum tergarap maksimal karena mental yang kurang teruji.

“Nantinya, secara bersama-sama membenahi dan mencari solusi dari masalah agar Percasi Lampung bisa lebih maju,” jelas Yanuar.

Menurut Yanuar, sejatinya pecatur Lampung punya kualitas untuk bisa menjadi juara pada even tingkat nasional. Namun, kesiapan mental yang kurang teruji kerapkali menjadi sandungan meraih hasil terbaik.

“Solusinya bisa menyiapkan mental pecatur dengan lebih sering mengadakan even lokal, juga uji tanding dengan provinsi lain,” kata Yanuar.

Yanuar juga membidik target jangka panjang, yakni PON XXI tahun 2024 di Sumut dan Aceh.

“Dengan pembenahan dan pembinaan yang dilakukan, kita harus optimis mampu berprestasi lebih baik pada PON mendatang,” demikian Yanuar