Pentingnya Pemahaman Wawasan Kebangsaan dan Idiologi Pancasila

PODIUM,TANGGAMUS, – Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan. S.Sos, laksanakan sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dengan masyarakat di Pekon Tugupapak Kecamatan Semaka Tanggamus. (31/10/2022).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Camat Semaka Wiwin Triani, BPTP Provinsi Lampung Dr, Nila Wardani M.SI. Dr. Danarsi Diptaningsari. SP. M.Si. Erdiyansah Sp. Kepala Pekon Tugupapak Marsono, Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Ketua DPRD Heri Agus Setiawan. S.Sos menyampaikan, bahwa kegiatan pembinaan Ideologi dan wawasan Pancasila merupakan kegiatan sudah ada MoU dengan Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS) Republik Indonesia, guna memberikan wawasan serta pembinaan pemahaman terhadap masyarakat.

Pemahaman terhadap Pancasila dan Wawasan Kebangsaan saat ini, sangat diperlukan, apalagi saat ini sering terjadi aktifitas permasalahan sosial mengarah ke potensi konflik, intoleransi dan bisa melunturnya jiwa kebangsaan generasi penerus, 

Sebagai contoh, anak-anak zaman sekarang pegang hendphone setiap hari main game, hal itu salah satu penyebab berkurangnya rasa wawasan kebangsaan. 

“Kalau anak jaman dulu, buat permainan dengan teman-teman nya malah menambah wawasan”, kata Ketua.

Camat Semaka Wiwin Triani. SE.MM, menyebutkan, wawasan Ideologi Pancasila harus ditanamkan, terutama dikurikulum pendidikan karena anak sekarang dikatakan milenial, harus kuat wawasan Pancasila nya.

Seingat saya, dulu waktu mau jadi pegawai ada penataran P4 dan penataran BP7, sekarang sudah tidak ada lagi”, kata Wiwin. – (Ir).